Minggu, 20 Maret 2016

Mamfaat mempelajarai Alkitab

Mamfaat mempelajarai Alkitab
1. Firman Tuhan membangkitkan iman, yang adalah sumber segala ketaatan. Jadi, iman itu dari pendengaran, dan pendengaran itu melalui firman Tuhan. (Rom. 10:17). Rasul Paulus, berkata mengenai dirinya sendiri bahwa dia, “hidup karena percaya, bukan karena melihat” (2 Kor. 5:7). Kita semua masuk ke dalam keselamatan oleh karena kasih karunia melalui iman (Ef.  2:8-9); dan menurut Paulus, karena sudah menerima Kristus, hendaklah hidup di dalam Dia (Kol. 2:6-7).
2.      Firman Tuhan membebaskan dari dosa. Dan kamu akan mengetahui kebenaran, dan kebenaran itu akan memerdekakan kamu. (Yoh. 8:32)
3.      Firman Tuhan membebaskan dari Setan. Dan seorang hamba Tuhan seharusnyalah tidak bertengkar, melainkan berlaku ramah kepada semua orang, cakap mengajar, sabar, sambil melatih dengan lemah lembut mereka yang menjadi penentang, kalau-kalau Tuhan berkenan memberikan kepada mereka pertobatan ke dalam pengenalan penuh akan kebenaran, dan mereka dapat menjadi sadar kembali dari perangkap si iblis, setelah ditawan olehnya dalam keinginannya itu. (2 Tim. 2:24-26)
4.      Firman Tuhan menguduskan. Kuduskanlah mereka dalam kebenaran-Mu; firman-Mu adalah kebenaran. (Yoh. 17:17)
5.         Firman Tuhan membebaskan dari kebinasaan.  Dia, yang telah memanggil kita melalui kemuliaan dan kebajikan. Tuhan telah melimpah­kan janji-janji yang sangat besar dan berharga, supaya melalui hal ini kamu dapat menjadi semitra dari kodrat ilahi karena telah luput dari kebinasaan yang ada dalam keinginan di dunia. (2 Ptr.1:3-4)
6.         Alkitab menampilkan kasih. Tujuan nasihat itu ialah kasih yang timbul dari hati yang suci, dari hati nurani yang murni dan dari iman yang tulus ikhla (1 Tim. 1:5)
7.         Alkitab menyelamatkan. Waspadalah terhadap dirimu sendiri dan terhadap pengajaran, tetaplah tinggal di dalamnya, karena dengan melakukan hal itu engkau juga akan menyelamatkan dirimu sendiri, bahkan mereka yang mendengarkan engkau. (1 Tim. 4:16). Mereka yang sedang binasa, karena mereka tidak menerima dan mengasihi kebenaran agar mereka diselamatkan. (2 Tes.2:10)
8.            Alkitab memberikan sukacita. Aku telah mengatakan hal-hal ini kepadamu, supaya sukacita-Ku tinggal di dalam kamu, dan sukacitamu menjadi penuh. (Yoh. 15:11)
9.   Alkitab menyatakan Tuhan. Dan TUHAN menampakkan diri lagi di Silo, sebab YAHWEH menyatakan diri-Nya di Silo kepada Samuel melalui firman TUHAN. (1 Sam. 3:21)
10.  Memurnikan Hidup. Firman Tuhan perlu bagi pemurnian hidup karena Firman-Nya adalah Kebenaran (Yoh. 17:17). Meskipun Orang-Orang Percaya, mempunyai masalah dengan dosa-dosa (1 Yoh. 1:6-10), jadi harus mempelajari Firman Tuhan untuk mengenali dosa yang mungkin akan terjadi. Dengan demikian dapat berdoa dengan sungguh-sungguh memohon kesembuhan dan penyucian (Mzm. 51).
11.  Pengetahuan Baru. Ada pengetahuan  baru dari Firman Tuhan karena “bertumbuh dalam kasih karunia dan dalam pengenalan akan Tuhan dan Juruselamat kita, Yesus Kristus” (2 Ptr.3:14-18).
12.  Kekuatan Dalam Pelayanan. Dengan Roh Kudus yang bekerja di dalam kehidupan saat belajar memiliki “pikiran Kristus” (1 Kor. 2:14-16), akan ada kuasa di dalam pelayanan (Ef. 2:10). Kita berada dalam peperangan dengan iblis dan kekuatan-kekuatannya, oleh karena itu membutuhkan kuasa di luar kekuatan dan kemampuan sendiri (Ef. 6:10-18). Kuasa berasal dari kepatuhan kepada kehendak Tuhan, karena Tuhanlah yang bekerja di dalam kita, “baik kemauan maupun pekerjaan menurut kerelaan-Nya” (Flp. 2:13).

13.  Perlengkapan Untuk Pelayanan. Dengan pengetahuan akan Firman Tuhan, kita dapat mempraktekkan kebenaran tersebut di dalam nama Tuhan Yesus (Kol. 3:16-17), dan menyatakannya kepada dunia yang hilang dan akan binasa ini (Yoh. 17:17-19; Ibr. 5:12).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar